Penyakit Tifus

Wednesday, September 18, 2013

| | |
              Banyak orang mengalami penyakit tifus ini. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pernah dirawat di rumah sakit karena penyakit ini. Tifus disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi yang berasal dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut dari kotoran orang yang sebelumnya terkena tifus.  Penyakit ini sering menyerang anak-anak karena anak-anak cenderung sering jajan sembarangan, mereka tidak tahu bagaimana cara pengolahan makanan tersebut serta bersih atau tidaknya makanan tersebut sehingga layak untuk dimakan. Tifus sering terlambat terdiagnosis karena gejalanya mirip penyakit lain.



Gambar Salmonella typhi




Berikut adalah gejala-gejala tifus :

1. Sakit perut, mual dan muntah
2. Demam tinggi
3. Denyut nadi melemah
4. Lidah berwarna putih
5. Perubahan Pola BAB

Gejala tifus dapat diobati dengan pemberian antibiotik selama 7-21 hari. Namun, penyakit tifus ini sewaktu-waktu dapat kambuh kembali jika pengobatan yang dilakukan kurang dari waktu yang ditentukan. Sehingga menyebabkan penderita masih menyimpan bakteri Salmonella typhi dalam tubuh dan bisa kambuh sewaktu-waktu.

Untuk mencegahnya tentu saja dengan mengonsumsi makanan yang bersih dalam pengolahannya, cuci tangan sebelum makan, mencuci buah sebelum dimakan, hindari buah yang tidak bisa dikupas kulitnya dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal. Jangan sampai keluarga anda terkena tifus, karena saya pernah merasakannya dan rasanya sungguh tidak enak dan saya tidak bisa melakukan aktivitas saya dengan baik. Sekian info yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat yaaaa :)

0 comments:

Post a Comment